Home » Blogging » SEO
Filed: Blogging

SEO

Sesuai dengan judulnya, pada postingan ini saya akan membahas tentang SEO (Search Engine Optimazer) secara minimalis, dan lebih terfokus pada membangun back line, secara garis besar back line ada dua, yaitu backline in page dan out page.

Back line on page

Back line ini merupakan ketersambungan antara judul post kita antara satu dengan yang lainnya dalam satu web site. Misalnya tema post anda pada hari senin adalah tentang HP samsung, dan update post anda pada hari selasa adalah tentang android, sehingga antara kedua post anda ini bisa anda linkan. Jika anda pada post hari senin membahas tentang spesifikasi hp samsung maka anda dapat linkan dengn pembahasan android dengan segala versinya. Semakin banyak link di internal post anda, maka search engine akan memberikan nilai plus pada website anda. perlu digaris bawahi bahwa untuk satu website harulah membahas suatu pokok pembahasan besar yang tertarget, jika website anda membahas tentang HP maka untuk post – post yang lain haruslah berkaitan tentang HP, misal HP android murah, HP android  premium dll, menurut kreafitasmu.

Back line Off page

Backline ini berhubungan dengan website atau blog diluar blogmu, kamu bisa memanfaat kan blog gratisan seperti blogspot atau wordpress untuk membangun backline off page ini. Misal kamu membuat blog gratisan untuk backline websitemu yang membahas tentang HP android, maka kamu dapat membuat blog tentang headset HP android, earphone wearless dan lain – lainnya yang penting masih berhubungan dengan HP android. Maka kamu bisa linkkan pembahasanmu dengan pembahasan di web utamamu. Blog untuk keperluan backline ini biasanya disebut dengan blog dummy (blog untu keperluan SEO saja). Blog dummy dengan blog dummy mu yang satu haru juga berhubungan satu sama lainnya, semakin besar link – link yang terhubung maka akan sangat bagus dimata search engine, dan akan mengankat ranking blogmu.

Target Kata Kunci

Jika anda menulis sebuah artikel haruslah mengandung satu kata kunci, satu kata kunci haruslah muncul pada judul dan semua paragraf dalam artikel, jika anda menulis sebanyak 200 – 300 kata, maka frekuensi kemunculan haruslah minimal 3 kata kunci, jika anda menulis 500 – 600 kata kemunculan minimal 5 kata kunci, jika anda menulis dengan 1000 kata maka anda haruslah minimal kemunculan ada 10 kata. Kata kunci sebisa mungkin kalian modifikasi dengan Bold, Underline atau Italic, hal ini untuk mempermudah robot google untuk memindai target kata kunci kalian. Hasil dari alogaritma robot google ini akan menentukan posisi anda di search engine (SEO)

Riset kata kunci

Riset kata kunci sangatlah penting jika anda ingin mengoptimalkan posisi (SEO) anda di search engine, targetlah kata kunci yang memang banyak pencarinya di search engine, anda bisa menggunakan google adword, carilah kata kunci yang pencarinya lebih dari 1000/ bulan jika anda menemukan lebih maka itu lebih baik, anda juga bisa mencari variasi dari kata kunci yang anda target, misalkan anda mencari kata kunci tentang diet sehat, maka di variasi kata kunci akan muncul diet paleo, diet atkin, diet golongan darah, diet kenyang dan lain-lain. Jika sudah mendapatkan listnya maka riset lagi kata kunci anda menggunakan aplikasi berbayar market samurai, banyak sekali fitur dari market samurai, tetapi biasanya saya menggunakan untuk riset kopetisi SEO, disitu kita bisa mengukur kekuatan lawan kita di search engine, mungkin untuk lebih mendalam tentang market samurai ini akan saya bahas di postingan saya selanjutnya.

Update Artikel

Beberapa bulan yang lalu google menyatakan jika jumlah update tidak mempengaruhi posisi di google search engine. Akan tetapi saya sendiri sangat yakin hal ini hanya sebagai kedok google, untuk menghindari artikel yang tidak berkualitas. Kita semua tahu pada tahun 2000 an sebelum google menggunakan robot alogarimanya, atau robot yang belum sebaik sekarang, banyak sekali artikel yang tidak berkualitas berada di urutan pertama google, blog yang isinya kata kunci yang gak tahu isinya berada diurutan pertama google. Jika anda melakukan teknik SEO pada blog mu, tidak harus selalu mengapdate setiap hari, utamakan kualitas artikel anda dengan mengutamakan kaidah – kaidah yang saya cantumkan diatas, akan tetapi jika anda mampu update artikel anda setiap hari, hal ini lebih baik.

Traffic

Inilah inti dari SEO, yaitu mendatangkan traffic pada blog anda, sekin banyak trafic yang ada pada blog anda maka akan semakin mengangkat posisi anda di search engine. Para master SEO banyak sekali menerapkan berbagai teknik. Blog dummy merupakan salah satu cara untuk meningkatkan traffic. Blog dummy harus ngelink dengan blog inti kalian. Dengan menggikuti grub yang sesuai dengan tema blogmu, posting update di grub dan link kan dengan blogmu, jika ada 2 ribu anggota di grub itu jika 10 % aja yang klik link anda maka sudah lumayan ada 200 traffic. Lakukan aktifitas ini paling tidak pada 5 grub setiap harinya. Ada juga teknik dengan menggunakan fanspage, optimalkan fanspage sesuai dengan tema blog anda. Update info sesuai dengan blog anda pada fanspage anda maka orang yang like anda akan menerima info anda dan menjadi calon traffic di blog anda. banyak sekali teknik untuk mendatangkan traffic, bisa menggunakan facebook ads, twitter dan whatsapp marketing, line marketing dan instagram. Semakin besar traffic maka akan semakin besar anda untuk konfersi bisnis anda menjadi kran rejeki anda. blog dengan banak traffic sangat menguntungkan bisnis anda, jika anda mempunyai bisnis google adsese, solo ads, CPA dan lain2.

 

Related Post SEO

Email Marketing

FB Messenger Live Chat

Konten

Pentingnya membangun List Customer Anda

Whatsapp Marketing